Yasril, Ka Kankemenag Pasaman: Guru adalah Agen Perubahan

MahesaMediaCenter, Pasaman Sumbar – Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pasaman Yasril, resmi membuka kegiatan Pelatihan Di Wilayah Kerja (PDWK) Metodoligi Pembelajaran, yang diselenggarakan Balai Diklat Keagamaan (BDK) Padang di aula Kantor Kemenag setempat, Senin (19/2).

Dalam pembukaan, Yasril mengingatkan pentingnya program prioritas Kemenag diimplementasikan dalam pembelajaran, dilakukan tenaga pendidik di tempat tugas masing-masing.

Yasril menyampaikan, penguatan moderasi beragama, transformasi digital, revitalisasi KUA, Cyber Islamic University, Religious Index dan Tahun Toleransi merupakan tujuh program prioritas yang bersintuhan dengan visi misi Kemenag tahun 2020-2024.

Lanjut Yasril, mengikuti diklat ini menjadikan guru sebagai Agen Perubahan di tempat mengajar masing-masing. Dengan bertambah khazanah ilmu para guru RA dan madrasah. maka pasca keikutsertaannya diteruskan dalam proses pembelajaran, mengeksplor program prioritas Kemenag dalam pelajaran siswa, seperti halnya mengenai moderasi beragama dan transformasi digital.

Lebih lanjut Yasril menyebutkan manfaat diklat ini dapat merubah mindset atau pola fikir serta meningkatkan kompetensi SDM tenaga pendidik, yang tentu berujung terhadap peningkatan mutu pendidikan madrasah serta siswa berakhlak lagi cerdas.

Dalam laporan Panitia PDWK mewakili Ketua BDK Padang Abdul Hukmi, pelatihan berlangsung dari tanggal 19 sampai 24 Februari 2024 mendatang di aula Helmi.R milik Kemenag Pasaman. Diikuti sebanyak 30 peserta merupakan guru RA, MI, MTs dan MA Kabupaten Pasaman.

Sumardius-Jurnalis Sumbar

Related posts