KPU Sekadau Gelar Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara, Kabagops: Polres Sekadau Siap Mengamankan Pemilu 2024

banner 468x60

MahesaMediaCenter, Sekadau Kalbar – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sekadau menggelar Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilu Tahun 2024, yang dilaksanakan di Terminal Lawang Kuari Sekadau pada Senin, 29 Januari 2024 pukul 08.00 WIB.

Ketua KPU Sekadau, Fransiskus Khoman, S.Pd, dalam sambutannya menyampaikan bahwa melalui simulasi pemungutan dan penghitungan suara ini, pihaknya telah siap melaksanakan tahapan proses Pemilu tahun 2024.

“Kegiatan simulasi ini merupakan bagian dari kesiapan kami, dan kepada masyarakat dihimbau agar datang ke TPS untuk memberikan hak suaranya,” ujar Fransiskus Khoman.

Selain itu, KPU Sekadau juga telah menyelesaikan persiapan logistik seperti kotak surat suara dan perlengkapan lainnya. KPU Sekadau telah melantik 4886 KPPS dan memberikan bimbingan teknis untuk meningkatkan SDM dan pemahaman dalam proses pemungutan dan penghitungan suara.

Ketua Bawaslu Sekadau, Marikun, S.Sos, menjelaskan bahwa dalam simulasi ini, Bawaslu telah menurunkan pengawas pemilu dari tingkat Kecamatan dan Desa untuk mengawasi seluruh proses pemungutan dan penghitungan suara yang dilakukan KPU. Tujuannya agar pemungutan dan penghitungan suara pada tanggal 14 Februari 2024 dapat terlaksana sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP).

“Kami bertugas untuk mengawasi setiap tahapan Pemilu, dan Bawaslu menurunkan 698 pengawas sesuai dengan jumlah TPS. Kami juga bekerja sama dengan Polri dan TNI untuk memastikan kesuksesan tahapan Pemilu 2024,” ucap Marikhun.

Selain itu, Kabagops Polres Sekadau, Kompol Samsul Bakri, S.H., M.H, menyampaikan bahwa Polres Sekadau juga telah melakukan berbagai kegiatan untuk mensukseskan Pemilu, seperti operasi Mantap Brata Kapuas, simulasi pengamanan TPS, dan kegiatan kepolisian lainnya.

“Kami telah memetakan kerawanan dan menyiapkan sistem pengamanan pada 698 TPS. Polres Sekadau akan menerjunkan 337 personel, yang terdiri dari 281 personel siap digerakkan dan personel siaga di Polres, serta dibantu oleh Brimob Polda Kalbar,” jelas Samsul Bakri.

“Mohon bantuan kepada seluruh lapisan masyarakat untuk mensukseskan Pemilu agar berjalan aman, damai, dan bermartabat. Polres Sekadau siap mengamankan dan mensukseskan Pemilu 2024,” pungkasnya.

Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilu ini meliputi beberapa tahapan, seperti pengambilan sumpah petugas KPPS oleh ketua KPPS, pemeriksaan kondisi logistik, penjelasan mekanisme pemungutan suara kepada masyarakat, pendaftaran pemilih, pelaksanaan pencoblosan, penghitungan suara, penandatanganan berita acara dan salinan, serta pengemasan logistik yang akan dikirim ke gudang logistik kecamatan melalui desa masing-masing.

(Hepni JK)

banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *