Gedung Perpustakaan Soeman HS di Provinsi Riau Meraih Penghargaan Desain Arsitektur Terbaik se-ASEAN

banner 468x60

MahesaMediaCenter, Indragiri Hilir – Pekanbaru, 20 Februari 2024 – Provinsi Riau mengungkapkan sebuah rahasia tersembunyi yang menghiasi kota Pekanbaru, yaitu Perpustakaan Soeman HS. Gedung ini ternyata menjadi pemenang penghargaan desain arsitektur terbaik se-ASEAN, sebuah prestasi yang jarang diketahui oleh masyarakat, termasuk warganya sendiri.

Diresmikan pada tahun 2008 oleh Wakil Presiden HM Jusuf Kalla, gedung yang menelan biaya hampir Rp150 miliar ini menjadi ikon Kota Pekanbaru yang memukau dengan keunikan arsitekturnya.

Gubernur Riau saat itu, HM Rusli Zainal, memimpin pembangunan gedung ini dengan visi yang menggabungkan konsep Islam dan budaya Melayu modern.

Keistimewaan Perpustakaan Soeman HS terletak pada desain atapnya yang menyerupai rehal, alat untuk membaca Al-Qur’an. Filosofi ini menggambarkan ajaran Islam yang mendorong umatnya untuk terus belajar dan merenungkan kebesaran Allah SWT melalui firman-Nya.

Gedung yang dilapisi kaca untuk memberikan kesan transparan dan alami ini, menarik perhatian orang yang melewati kota Pekanbaru. Ornamen-ornamen yang dipasang pada gedung ini tidak hanya memancarkan keindahan visual, tetapi juga mengandung nilai sejarah, pendidikan, seni, dan budaya yang kaya.

Nama gedung yang diambil dari sosok Soeman HS, seorang pejuang dan pendidik yang dihormati di masyarakat Riau, memberikan nilai tambah bagi identitas dan makna gedung. Melalui seleksi desain arsitektur, Perpustakaan Soeman HS berhasil mengungguli 19 peserta dari 8 negara di Asia Tenggara, termasuk Thailand, Laos, Filipina, dan Kamboja.

Dengan prestasi gemilangnya, gedung Perpustakaan Soeman HS bukan hanya sebuah bangunan fisik, tetapi juga sebuah simbol kebanggaan bagi Provinsi Riau dan inspirasi bagi pembangunan arsitektur yang berkualitas di Indonesia dan di seluruh ASEAN.

Dum SAP.0792

banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *