Pasar Beras Murah Potensi “Minim Akurasi”

banner 468x60

MahesaMediaCenter, Pacitan – Operasi Pasar Beras Murah yang dilaksanakan di Kabupaten Pacitan disambut dengan suka cita oleh masyarakat. Hal ini bisa terlihat dari kerumunan masyarakat yang berkumpul di lokasi pasar murah yang sudah ditentukan.

Lokasi dan waktu Pasar Beras Murah memang sudah dijadwalkan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Pacitan. Pasar Beras Murah dalam rangka untuk menstabilkan harga bahan pokok terutama beras, menjelang bulan suci Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri.

Pasar Beras Murah tersebut menjual beras SPHP yang di distribusikan dari Perum.BULOG. Kualitas Beras SPHP termasuk dalam kategori beras Premium. Menurut informasi yang kami peroleh beras tersebut toleransi pecah dan broken hanya 5% saja.

Jadi hal ini juga bisa di artikan bahwa beras SPHP memang aman dan layak dikonsumsi masyarakat. Beras ini adalah beras yang di Import dari negara Thailand.

Adapun mekanisme yang di gunakan dengan cara pembagian kupon, dan kuota kupon sudah di sesuaikan dengan jumlah beras SPHP yang di distribusikan dalam kemasan 5 kg. Adapun harga beras SPHP sudah diatur tata kelola niaganya dengan ditentukanya Harga Eceran Tertinggi (HET) sebesar Rp.53.000.

Adapun sasaran dari beras SPHP adalah masyarakat ekonomi menengah ke bawah, diluar dari data masyarakat yang sudah mendapatkan bantuan dari pemerintah.Mengenai teknis tersebut sudah diserahkan kepada setiap kepala desa setempat. Dalam pelaksanaan di lapangan situasi geografis mempengaruhi dalam mekanisme pelaksanaan yang sudah ditentukan.

Hal ini terjadi di Kecamatan Bonagung pada hari Selasa,5 maret 2024 dan Kecamatan Punung Rabu, 6 Maret 2024. Dimana pasar beras murah yang dilaksanakan di pendopo Kecamatan Kebonagung hanya dapat membagikan kupon Pasar Beras Murah SPHP untuk 5 desa yang terdekat dari lokasi Pasar Murah saja.Hal ini dikarenakan instruksi yang di berikan mendadak,dan persiapan yang di lakukan terkendala dengan keadaan geografis,dan waktu yang pendek ucap Camat Kecamatan Bonagung Bapak.Udin Wahyudi S.Sos., M.M.

Berbeda dengan pelaksanaan Pasar Beras Murah yang dilaksanakan di Kecamatan Punung Rabu,6 Maret 2024, dimana dalam pelaksanaan Pasar Beras Murah membagikan kupon belanja di lokasi Pasar Murah SPHP di kecamatan.

Satu pertanyaan mendasar adalah ketepatan pendistribusian kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

(widbr)

banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *