Sukamabali Adakan Ziarah Bersama Jelang Lebaran

banner 468x60

MahesaMediaCenter, Jepara – Menjelang hari raya idulfitri 1445 H / 2024 M, Sukambali bersama pengurus jam’iyyah ziarah bersama Pemdes Kecapi, Kecamatan Tahunan, Kabupaten Jepara, Minggu (7/4/2024) mulai pukul 13.30 WIB – selesai mengadakan kegiatan ziarah.

Ziarah ini dilakukan bersama Sukambali, Petinggi Desa Kecapi dan Santoso, Ketua Pengurus jam’iyyah ziarah serta diikuti oleh perangkat desa, LKD atau Lembaga Kemasyarakatan Desa, BPD, Tomas dan Toga serta Ketua RT dan RW se Desa Kecapi. Rute ziarah meliputi 7 (tujuh) tempat yang didatangi oleh rombongan ziarah bersama yaitu: Mbah Sarkam, Grobogan, Sidik Iman, Karanganyar, Kaligede, Nggeong, dan Mbah Kathi.

Sukambali, Petinggi Desa Kecapi kepada wartawan mengatakan bahwa,” Kegiatan jam’iyyah ziarah bersama ini, merupakan kegiatan rutin di Desa Kecapi dan dilaksanakan setiap menjelang akhir bulan puasa atau menjelang hari raya idulfitri. Dengan tujuan kita untuk mengingatkan kepada leluhur kita dan mendoakan mereka yang telah meninggal dunia,” katanya.

Sukambali mengingatkan kalau kegiatan ziarah ini sudah berjalan lama sebelum Sukambali menjabat menjadi petinggi.

“Jadi sejak saya menjabat sebagai Petinggi. Saya meneruskan atau nguri-uri sejarah dan tradisi desa,” jelasnya.

Sampai sekarang tradisi ziarah berjalan lancar. Dan, setiap selesai habis ziarah dilanjutkan buka puasa bersama di kediaman Petinggi Desa Kecapi, yang kebetulan saat ini dijabat oleh Sukambali.

“Ziarah kubur adalah amalan untuk mendoakan orang yang telah meninggal dunia sekaligus menjadi pengingat akan kematian,” pungkas Sukambali.

Acara dilanjutkan dengan kegiatan buka puasa bersama di kediaman Petinggi Sukambali, di Rt. 13 / Rw. 02, Desa Kecapi. Bagus Nurul Ibad, anak bungsu Sukambali, Petinggi Desa Kecapi nampak ikut saat prosesi ziarah.

Red SPR

banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *